Apakah UBT itu?

UBT (ubiquitous-based test) merupakan suatu sistem tes atau ujian yang dapat dilakukan di mana saja dengan menggunakan tablet atau smartphone. Sistem ini terhubung ke server lokal yang tidak perlu tergantung pada sambungan internet selama ujian, tidak seperti model yang berbasis komputer saat ini. Pengawas ujian juga dapat memantau status peserta selama tes atau ujian berlangsung.

Informasi lebih lengkap mengenai UBT dapat anda lihat di situs web NSDevil Co. Ltd. atau EEO BULT


Apa manfaat penggunaan UBT?

Banyak manfaat yang didapat penggunaan UBT ini, seperti mengurangi kebutuhan kertas yang digunakan, penilaian tes atau ujian yang lebih efisien, dan berbagai macam informasi dapat dikumpulkan dan dianalisis dari ujian yang diselenggarakan, misalnya pola bagaimana siswa menjawab pertanyaan dan perkembangan selama menyelesaikan soal ujian. Selain itu, sistem UBT dapat menjalankan tes atau ujian tanpa melakukannya dalam ruang kelas tradisional, sehingga sebenarnya tes atau ujian dapat dilakukan di mana saja, dan sangat mendukung sistem belajar yang berkelanjutan.


UBT di Indonesia

PAMJAKI merupakan organisasi perkumpulan atau Asosiasi pertama di Indonesia yang menerapkan UBT dan U-Learning.

Selain bekerja sama dengan PAMJAKI, Polaris dalam mengembangkan dan menerapkan UBT dan U-Learning di Indonesia telah bekerja sama dengan Unpas Bandung, UI Depok dan UIN Jakarta.

Pada tanggal 28 February 2017, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti MSc., PhD. Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti yang juga Ketua Bidang Pendidikan dan Litbang PAMJAKI, berkesempatan menyaksikan penggunaan UBT di Universitas Pasundan Bandung.

Unduh Tentang UBT