2014

JKN: Mengenali Rujukan Berjenjang

Per 1 Januari 2015, badan usaha wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional. Namun, asosiasi pengusaha dan sebagian pekerja keberatan serta meminta penundaan. Kualitas layanan dan beban membayar iuran dobel menjadi alasan.

Read more …

Tahun 2014 Hasilkan Banyak Terobosan Teknologi Kedokteran

Para periset kesehatan melaporkan banyak kemajuan baru yang menarik, dan bahkan terobosan, sepanjang tahun 2014 dalam penggunaan teknologi modern untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan cedera.

Read more …

Penyakit Tropis: Siklus Hidup Nyamuk Makin Pendek

Siklus hidup nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue dan chikungunya kian pendek menyusul perubahan iklim yang terjadi secara global. Hal itu mengakibatkan pertambahan populasi nyamuk bisa terjadi lebih cepat.

Read more …

Deteksi Dini Rendah. IVA dan "Pap Smear" Ditanggung Jaminan Kesehatan Nasional

Meski telah puluhan tahun dikampanyekan, kesadaran kaum perempuan melakukan inspeksi visual dengan asam asetat dan pap smear sebagai metode deteksi dini kanker leher rahim atau serviks tetap rendah. Padahal, pembiayaan upaya deteksi itu kini ditanggung dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Read more …

Basis Data Warga Miskin Lemah. Pemutakhiran Ditunda ke 2015.

Basis data warga miskin dalam program perlindungan sosial lemah. Data awal adalah survei tahun 2011, tetapi mekanisme pemutakhirannya belum andal. Pemutakhiran nasional yang semestinya dilakukan tahun ini ditunda tahun depan karena pemilihan umum.

Read more …

Pelayanan Tak Optimal. Penolakan Rumah Sakit Terus Berulang

Pelayanan program jaminan kesehatan dinilai belum optimal. Kasus penolakan rumah sakit terhadap peserta program berulang. Selain kamar penuh atau fasilitas tak tersedia, penolakan terjadi karena kesalahpahaman peserta program, Puskesmas, rumah sakit, dan tenaga medis. Warga menuntut perbaikan layanan.

Read more …

Mereka Tak Tersentuh Layanan

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi kekayaan alam melimpah. Namun berkah sumber daya alam itu belum berimbas positif terhadap peningkatan akses layanan kesehatan bagi sebagian masyarakat di daerah pedalaman

Read more …

Ahok: Rumah Sakit Kurang Ajar, Ku Tempeleng. "Langsung hubungi kita, kasih tau."

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, mengungkapkan, banyak orang kaya yang menyiasati Jaminan Kesehatan Nasional yang diberikan pemerintah. Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyeleksi ketat pemberiannya.

Read more …

Produktif di Usia Tua Ditentukan sejak Muda

Tetap produktif saat usia tua bukan tidak mungkin. Namun, semua terkait pilihan investasi pada saat muda.

Read more …

Pemda Siap Tanggung luran. Perlu Penambahan Anggaran Kesehatan Daerah.

Sejumlah pemerintah daerah siap menanggung iuran peserta Jaminan Kesehatan Daerah yang didaftarkan ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional. Hal itu sebagai bagian dari pengintegrasian dua program tersebut.

Read more …