Call for Paper Industri Keuangan Non-Bank

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengadakan kegiatan Call For Papers di bidang Industri Keuangan Non-Bank. Hal ini dilaksanakan mengingat kegiatan Call For Paper setahun silam yang mendapat respons positif dan diapresiasi oleh praktisi, akademisi, dan masyarakat umum. Kegiatan Call For Papers diharapkan dapat menjadi sebuah sarana inovasi dalam mengajak peran serta masyarakat umum untuk mendorong percepatan perkembangan Industri Keuangan Non-Bank. Yang diharapkan pada akhirnya Industri Keuangan Non-Bank dapat berkontribusi lebih besar dalam pembangunan ekonomi nasional.


Call For Papers pada tahun lampau mengusung tema yang hanya terkait dengan industri Asuransi dan Dana Pensiun. Untuk 2016, tema Call For Papers tidak hanya untuk sektor asuransi dan dana pensiun namun untuk seluruh sektor IKNB. Adapun tema besar lomba karya tulis IKNB 2016 adalah “Penguatan Sektor Industri Keuangan Non-Bank melalui Pengaturan yang Berkualitas serta Inovasi Produk dan Jasa Layanan Keuangan.”

Berdasarkan data statistik OJK, aset Industri Keuangan Non-Bank tetap mengalami pertumbuhan meskipun kondisi perekonomian di 2015 sedang mengalami perlambatan. Apabila dibandingkan dengan periode yang sama di 2014 aset IKNB sebesar Rp 1.531,67 triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 8,67 persen dari posisi Desember 2014. Asuransi masih merupakan Industri Keuangan Non-Bank dengan aset terbesar yaitu sebesar Rp 596,62 triliun pada Desember 2015, dan mengalami pertumbuhan sebesar 5,53 persen dari periode Desember 2014 sebesar Rp 565,33 triliun.

Industri kedua terbesar adalah industri lembaga pembiayaan yang memiliki aset sebesar Rp 473,42 Triliun pada Desember 2015 atau mengalami pertumbuhan sebesar 6,69 persen dari periode Desember 2014 sebesar Rp 443,74 triliun. Hal ini menunjukan Industri Keuangan Non-Bank masih memiliki potensi untuk terus tumbuh dan berkembang seiring peningkatan literasi masyarakat terhadap produk maupun jasa layanan keuangan Industri Keuangan Non-Bank.​

Sumber: OJK

Informasi detil bisa diperoleh di http://callforpapers.ojk.go.id/paper/

Go back